Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 05 September 2012

Tugas Perdana Database System

Aldilah Trixie Ujwalita
4812020002 TMJ 1 AeU
Dosen : Bpk. A. Bachris

1. Perbedaan Database System yang Disimpan dalam     Bentuk Metadata dan Tidak

Metadata atau yang biasa juga disebut "data tentang data" atau "informasi tentang informasi" adalah informasi, deskripsi, dan penjelasan dari suatu informasi yang disimpan.

Perbedaan antara database yang disimpan dalam bentuk metadata biasanya lebih memudahkan kita untuk menemukan dan mengelola kembali suatu informasi karena metadata memuat informasi dan penjelasan dari informasi yang telah kita simpan. Contohnya, jika kita menyimpan database dalam bentuk gambar, metadata memiliki informasi mengenai lokasi pemotretan, waktu pemotretan, siapa pemotretnya, dan bahkan setting kamera pada saat pemotretan. 

Tentu berbeda dengan database yang disimpan biasa. Database biasanya tidak memiliki informasi, definisi dan penjelasan tentang data yang disimpan sehingga lebih sulit untuk mengelola kembali informasi atau data telah kita simpan.


2. Apa yang Dimaksud dengan General Purpose Software?

General  purpose software adalah program yang dapat digunakan oleh berbagai macam kalangan user atau umum. Dengan kata lain berbagai user dapat mengubah bentuk muka dari program yang dibuat oleh perancang. General purpose software juga memudahkan kita untuk menyelesaikan terkait masalah komputer yang sederhana. Contohnya software pengolahan kata.


3. Fungsi Construct

DBMS (Database Management System) adalah aplikasi yang digunakan untuk mengelola database dalam jumlah yang besar. DBMS juga dirancang untuk dapat melakukan manipulasi data secara lebih mudah. DBMS memmiliki beberapa fungsi diantaranya fungsi define, fungsi manipulate dan fungsi construct. 

Fungsi construct adalah salah satu fungsi dari DBMS (Database Management Sysstem) yang berfungsi sebagai penyimpan data atau informasi ke dalam beberapa media yang diatur oleh DBMS.


4. Self Describing Nature of a Basis Data System

Selain database, sebuah sistem basis data juga menyimpan deskripsi lengkap tentang stuktur dan constrait basis data. Informasi atau deskripsi disimpan dalam katalog sistem yang berisi struktur informasi data tersebut. Informasi yang disimpan dalam katalog tersebut biasa disebut sebagai metadata. Contohnya MicrosoftWord.

5. Insulation Between Programs, Data and Data Abstraction

Dalam sistem data secara tradisional, penyimpanan data dan file dapat mengubah semua isi data yang ada  karena data dan file dimasukkan ke dalam aplikasi . Dalam DBMS, file aatau data yang disimpan tidak mengubah semua data, karena file informasi data disimpan dalam sebuah katalog yang terpisah dengan program database. Hal ini biasa juga disebut Program Data-Independence. Contohnya MySQL.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

author
altrixie
Aldilah Trixie Ujwalita
Bogor, 05 Juni 1994